Buruknya Krisis Komunikasi

Sumber gambar: https://m.wartaekonomi.co.id/berita242957/komunikasi-krisis-dengan-media-belajar-dari-kasus-pln 

Oleh: Tri Lediawati

Dunia kini dihadirkan oleh berbagai macam krisis salah satunya seperti yang sedang kita alami saat ini yaitu wabah virus corona covid-19. Adanya pandemi ini membuat banyak negara untuk melakukan lockdown. Salah satunya negara Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia sendiri memberlakukan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau yang sering dikenal PSBB.

Adanya krisis ini membuat pemerintah mengupayakan langkah-langkah agar dapat keluar dari krisis yang membuat perekonomian melemah. Selain itu adanya pemberitaan di media massa yang positive membuat masyarakat sadar akan bahayanya wabah ini sekaligus membangun pola pikir yang tidak selalu memiliki sisi negatif.

Banyak sekali dampak yang ditimbulkan, mulai dari perusahan yang bergerak dibidang jasa maupun produk. Selain adanya wabah ini, perusahan melakukan berbagai cara selama terjadinya pandemi. Banyak perusahan maupun organisasi yang melakukan banyak cara untuk menghadapi wabah pandemi virus covid.

Apapun bentuk krisisnya bisa membuat ancaman atas keberhasilan bisnis yang tentunya bakal mengancam keberhasilan dan keuangan pada perusahan tersebut. oleh sebab itu, sangatlah dibutuhkan penanganan yang tepat agar bisnis tetap bisa berjalan dan bertahan disaat terjadinya wabah virus pandemi covid.

Seperti halnya yang terjadi di Indonesia, situasi saat ini mengharuskan untuk lebih bijak dalam mengadapi sekaligus melindungi masyarakat serta tatanan yang ada didalamnya. Akan sangat menghawatirkan jika krisis yang dihadapi berlangsung lama dan adanya kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pun tidak menyangkut reputasi dan kredibilitas pada pemerintah.

Dengan demikian krisis yang saat ini terjadi tidak hanya dialami oleh perusahaan maupun organisasi semata, melainkan terjadi pada semua mahkluk hidup. Tidak hanya itu krisis yang dialami juga terjadi pada semua bidang usaha, organisasi, politik maupun bidang pelayanan publik. Dalam krisis yang dihadapi saat ini menurut saya, harus dibenahi komunikasi terutama komunikasi pada pemerintah yang akan disampaikan pada masyarakat. Selain itu memang dari awal komunikasi pemerintah buruk, dan seharusnya memang sudah sejak awal ditentukan dua jubir utama agar bergantian. Dibelakang jubir harus ada tim cerdas dan kuat untuk supplay data valid. Tapi itu tidak dilakukan, karena sekarang sudah terlanjur telat. Akibatnya bisa dilihat saat ini.

0 Komentar