Teknologi Baru dalam Pembelajaran : Menilik Ketepatan Penggunaan Platform Daring selama Masa Pandemi Covid-19
Teknologi Baru dalam Pembelajaran : Menilik Ketepatan Penggunaan
Platform Daring selama Masa Pandemi Covid-19
Oleh: khusnul khofifah
Sumber
gambar: https://www.victorynews.id/kbm-daring-derita-orangtua-dan-guru/
Pendahuluan
Teknologi merupakan sarana Global
Internasional dalam menghubungkan orang-orang di seluruh dunia melalui jaringan
komputer maupun smartphone Android. Teknologi (smartphone dan komputer) telah
menyediakan banyak platform daring baik berupa media sosial, game, e-book, materi
video digital, podcast, sosial jaringan dan komputasi awan maupun Microsoft Office yang bisa digunakan
untuk belajar ataupun bekerja. Kekuatan teknologi membutuhkan jaringan dan
koneksi yang kuat dan cepat. Oleh karenanya, kendala sinyal seringkali terjadi
dan diresahkan oleh penggunanya. Walaupun begitu teknologi dapat menghubungkan
seseorang dalam waktu, tempat, dan ruang yang berbeda.
Selama masa pandemi covid 19
pembelajaran jarak jauh sangat mengandalkan teknologi. Penggunaan teknologi
menjadi hal yang rumit apabila penggunanya tidak melek teknologi. Karena, sasaran
utama dalam penyampaian informasi dan komunikasi merupakan kombinasi ketepatan dari penggunaan teknologi
baru. Aplikasi platform daring akan menentukan seberapa jauh informasi itu
dapat dikelola dan kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan.
Keberhasilan belajar tergantung dari
pada penggunaan teknologi itu sendiri. Sehingga kita harus betul-betul bisa
memanfaatkannya. Karena, teknologi informasi dan komunikasi telah banyak
membantu siswa maupun mahasiswa atau guru dan dosen dalam mencari sumber data
yang referensif bagi yang bisa mengaksesnya.
Kemudian, mengenai kesederhanaan portabilitas,
layar sentuh, dan peningkatan antarmuka untuk pengguna, disesuaikan dengan
ketepatan aplikasi platform daring yang digunakan. Namun, ketepatan dalam
penggunaan aplikasi platform daring untuk pembelajaran jarak jauh kurang
kondusif dalam hal kecanggihan smartphone dan kecepatan jaringan.
Isi
Teknologi sekarang ini
perkembangannya sudah sangat pesat. Alvin Toffler dalam Munir menggambarkan
perkembangan tersebut sebagai sebuah revolusi yang berlangsung dalam tiga
gelombang yaitu, gelombang pertama dengan teknologi dalam pertanian, gelombang
kedua teknologi industri dan gelombang tiga kecerdasan teknologi informasi yang
mendorong tumbuhnya komunikasi. Ketiga perkembangan tersebut telah berhasil
menguasai dan mempengaruhi kehidupan manusia di dunia. Maka, jika 'gagap'
teknologi maka kita akan dapat tertinggal dalam memperoleh kesempatan untuk
maju.
Perkembangan pesat teknologi seluler
beberapa bulan terakhir, telah menciptakan konteks dan praktik desain (wajah)
baru. Integrasi dari teknologi seluler ke praktik pendidikan harus selaras pada
faktor yang terkait dengan orang (siswa dan guru), desain (konten dan
teknologi) serta institusi (kebijakan dan strategi). Sebab, fitur utama dari teknologi adalah
fleksibilitas dan konektivitas. Meskipun teknologi tidak menentukan
perkembangan, ciri tersebut menjadi komponen penting yang harus diperhatikan
saat mengembangkan kondisi pembelajaran baru. Oleh karenanya, Penggunaan yang
efektif sebagian besar bergantung pada kemungkinan teknologi tertentu yang
harus sesuai dengan lingkungan, pendidikan, sasaran, serta dalam konteks
penggunaan dan metode pendidikan siswa.
Konteks penggunaan siswa adalah
perbedaan penting antara teknologi seluler dan non-seluler. Walaupun, teknologi
non-seluler dirancang di lingkungan untuk jenis aktivitas tertentu, teknologi
seluler dapat digunakan di hampir semua hal lingkungan Hidup. Jenis kegiatan
untuk teknologi non-seluler. Misalnya, tugas yang berhubungan dengan pekerjaan
atau pendidikan yang melibatkan sesi yang lebih lama. Ada juga berbagai jenis
tugas yang didukung teknologi.
Tujuan pembelajaran (dirumuskan oleh
instruktur di perguruan tinggi) saat ini telah dikaitkan dengan penggunaan
wajib dari sistem manajemen pembelajaran. Yang mana, pilihan tersebut merupakan
tujuan pembelajaran teknologi tergantung pada preferensi dan keputusan guru,
dan bukan pada siswa. Sistem ini khusus ditujukan untuk digunakan di desktop
komputer dan laptop, secara fungsional terbatas kemampuannya untuk mengakses
melalui ponsel perangkat. Siswa dalam kehidupan sehari-hari menggunakan
teknologi seluler dan untuk tugas mandiri menggunakan teknologi seluler yang berbagai
macam. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknologi seluler dapat meluas
digunakan dalam pendidikan.
Penutup
Aplikasi pendidikan memainkan peran
yang penting dalam pendidikan modern. Sehingga teknologi memungkinkan untuk memberikan mobilitas yang lebih besar.
Ketepatan penggunaan pendidikan melalui aplikasi platform daring yang terkait
antara lain harus sesuai dengan kesehatan, aksesibilitas dan kemampuan untuk
memiliki kondisi yang sama. Berdasarkan daftar kriteria tersebut pendidik harus
tepat dan sesuai dalam memilih aplikasi
pendidikan. Pertama, ketika memutuskan untuk memperkenalkan maupun menggunakan
aplikasi pendidikan di kehidupan sehari-hari, penting untuk memastikan bahwa
semua siswa harus mempunyai kesempatan
untuk menggunakan parfum daring yang sesuai dengan kondisi mereka, guna mempertahankan
kesempatan pendidikan yang sama bagi semua. Selain itu, diperlukan pilihan yang
mendukung aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dari kelompok siswa tertentu.
Sehingga, implementasinya akan lebih
baik. Begitupun, aspek kesehatan juga harus diperhatikan, serta waktu layar
harus dibatasi untuk siswa/mahasiswa. Selain itu, ketepatan penggunaan aplikasi
platform daring selama masa pembelajaran jarak jauh, harus disesuaikan dengan
ketersediaan kuota, jaringan, gawai, dan
kekuatan MB yang akan diambil aplikasi. Guna menghindari kesalahan
sinkronisasi, juga diperlukan ketepatan dalam pemilihan platform daring.
Sehingga lebih baik memilih platform daring yang mudah diakses, digunakan,
diinstal, dan tidak meraup banyak kuota pada smartphone android atau komputer.
DAFTAR PUSTAKA
Al Said, Nidal. 2020. Mobile
Application Development for Technology Enhanced Learning: An Applied Study on
the Students of the College of Mass Communication at Ajman University.
Ajman University, Ajman, UAE. iJET ‒ Vol. 15, No. 8, 2020. Di akses dari Laman
https://online-journals.org/index.php/i-jet/article/view/12551/6891.
Andriani,
Tuti. 2015. SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Sosial budaya media komunikasi ilmu-ilmu sosial dan budaya. Vol. 12 Nomor 1.
Januari - Juni 2015.
1 Komentar
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 082352406469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
BalasHapus1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000