oleh:
Shaiba Ayu Widyawati
Jurusan Pendidikan IPS 2013

Semuanya berawal dari aku diterima masuk dalam tes SBMPTN 2013,  sebuah tes tulis yang di selenggarakan oleh Mentri Pendidikan RI untuk perguruan tinggi di seluruh Indonesia.
Saya diterima masuk di sebuah Kampus Pendidikan yang memang dari pertama saya mengunjungi kampus itu pada saat kegiatan Lomba puisi tingkat SMA. Awal mengunjunginya saya sangat terpesona dan berkeyakinan harus bisa kuliah di sana . Kampus itu bernama Universitas Negeri Jakarta, yah sebuah kampus pendidikan yang dulu bernama IKIP JAKARTA.  Semua impian ku terwujud semua harapanku yang dulu hanya sebuah angan kini menjadi nyata.
          Aku diterima pada sebuah Fakultas di kampus ini, tentunya di sebuah jurusan yang aku inginkan.
Menurutku aku beruntung diterima pada sebuah fakultas yang bisa dibilang mempunyai banyak prestasi. Awal mula perkenalan akademik atau biasa disebut dengan MPA, kita dikenalkan berbagai macam organisasi yang terdapat di dalam fakultas itu dan tak lupa kita pun dikenalkan dengan Mawapres atau mahasiswa berprestasi yang berasal dari dalam fakultasku sendiri. Aku terpesona dan sungguh turut bangga karena aku ada di dalam sebuah fakultas yang mahasiswa-mahasiswanya sudah menghasilkan berbagai macam presatasi bahkan ada pula yang sampai luar negeri. Sungguh semua itu membuatku terpesona dan mebuatku bertekad ingin seperti mereka-mereka mahasiswa yang berprestasi yang bisa sampai tingkat Internasional.
Memang gedung fakultasku tak sebagus fakultas-fakultas lain namun aku tak peduli. Nampak luar pun gedung fakultasku terlihat seperti gedung tua yang tak berpenghuni. Sebuah gedung tua yang tak pernah di bersihkan yang terlihat begitu menyeramkan dan mencekam. Yah itu yang sering sekali kudengar dari beberapa orang yang berpendapat setelah melihat gedung fakultasku. Namun aku tak peduli pada pendapat orang-orang itu, bukankah ada peribahasa “Janganlah engkau melihat seseorang nampak luarnya saja tapi coba kenali dia secara lebih dalam lagi”.
Aku yakin yang berpendapat seperti itu mereka adalah orang-orang yang belum mengenal Fakultasku ini. Mereka hanya mengenal dan melihatnya nampak luar saja, mereka tidak tau apa yang terdapat didalam fakultas itu sendiri. Bagiku fakultasku adalah sebuah fakultas yang hebat dan membanggakan, sebuah fakultas yang dapat menghasilkan mahasiswa-mahasiswa hebat dan berprestasi.
Dalam fakultas ini kita memang terbagi-bagi lagi menjadi beberapa jurusan, namun kita semua adalah sebuah keluarga yang dapat bersatu mengharumkan nama fakultas tercinta ini.
Bagiku di fakultas ini aku dapat bertemu dengan orang-orang yang hebat, orang-orang yang ahli dalam membagi waktunya antara sebuah organisasi dan prestasi belajar. Orang-orang yang dapat menuntun dan membimbingku untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi. Yang dapat membangkitkan motivasi dalam diriku untuk dapat seperti mereka mahasiswa yang unggul mahasiswa yang tidak biasa-biasa saja, menjadi kebanggaan untuk semua orang yang aku cintai dan tentunya untuk membanggakan Fakultas tercinta ini.
Fakultas Ilmu Sosial yang sangat sangat aku cintai dan aku banggakan, karena aku tidak hanya bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa yang membanggakan dengan sejuta prestasinya.
Namun dalam Fakultas Ilmu Sosial ini pun aku dapat bertemu dengan para dosen-dosen yang tentunya dapat menjadi orang tua kedua bagiku, mereka pun tak kalah berprestasi seperti mahasiswanya. Bagiku dalam Fakultas ini aku diajarkan dan dipertemukan dengan orang-orang hebat yang tentunya sosok yang baru dalam kehidupanku. Sosok-sosok yang dapat membangkitkan semangat belajarku dan dapat membakar motivasi dalam diriku untuk terus berprestasi dan mengikuti jejak-jejak beliau. Tentunya dengan sikap disiplin pula, “karena percuma saja seseorang itu mempunyai prestasi yang luar biasa tanpa adanya sikap disiplin dalam dirinya”. Kalimat itu pula yang sempat diucapkan oleh salah satu dosenku pada saat mengajar di kelasku.
           Sungguh rasanya masih terasa sebuah mimpi yang awalnya muncul ketika aku menyambangi kampus ini. Yang awalnya aku hanya berandai-andai dapat kuliah di kampus ini dan masuk dalam fakultas ini, sungguh sebuah kenyataan yang begitu indah yang mungkin orang lainpun pasti merasakan hal sepertiku ini.
FIS mungkin untuk sebagian orang diluar sana engkau sebuah fakultas yang menyeramkan, engkau hanya sebuah gedung fakultas yang terlihat tua. Namun di dalamnya aku banyak menemukan sososk-sosok baru yang hebat yang membanggakan serta dapat membuat mimpi-mimpi baru dalam hidupku, dalam proses perjalanan pendidikanku selama 4tahun ini. Banggalah kalian yang dapat bergabung dalam keluarga besar Fakultas Ilmu Sosial ini, karena kalian adalah orang-orang terpilih yang diberikan kesempatan untuk bisa bertemu dengan orang-orang hebat yang aku yakin jumlahnya tak sedikit. Marilah kita sama-sama buat jejak-jejak prestasi baru untuk Fakultas kita tercinta ini.

0 Komentar