oleh:
nabilah shalihah
Sospem 2013

          Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Tempat aku menimba ilmu untuk menjadikannya sebagai batu loncatan yang akan membawaku menuju masa depan yang lebih baik. Di tempat ini, aku hanya manusia biasa yang belum mengerti apapun tentang dunia perkuliahan. Dengan segala keterbatasan diri yang aku miliki aku mulai menjajakinya, memulainya dengan langkah bertekad keyakinan.
Menjadi mahasiswa baru bukanlah hal yang mudah, tidak mengenal siapapun, dan keadaan yang menuntut untuk berbaur dan mengenal satu sama lain. Tapi aku mulai menjalaninya, melewati hari demi hari di kampus hijau Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Sosiologi. Sedikit demi sedikit aku mulai menjajaki dan memahami dunia ini. Dunia perkuliahan itu miniatur kehidupan. Berbagai karakter manusia ada disini. Dunia ini juga menuntutku untuk hidup mandiri, mengedepanan profesionalitas dan tanggung jawab. Saat ini yang harus dilakukan bukan hanya sekedar datang ke kampus, duduk, lalu mendengarkan dosen berceloteh tentang mata kuliahnya. Tetapi aku mulai dituntut memiliki pikiran yang lebih kritis, lebih maju, dan lebih luas. Ada tuntutan untuk mengalihkan mindset anak SMA ke mindset mahasiswa. Ada tanggungjawab untuk mengatur diri sendiri, dunia pribadi, dunia perkuliahan, dan dunia lainnya. Ada keharusan untuk mencari relasi seluas-luasnya agar semua urusan kampus lebih mudah. Ada pilihan untuk jadi penerus bangsa yang sekedar "kejar cumlaude-beasiswa-dapet gelar sarjana" atau merubah negeri ini menjadi lebih baik.
            Di tempat ini, di Fakultas Ilmu Sosial aku menuntut ilmu sosial. Ini adalah tempat para mahasiswa yang seharusnya sangat peka terhadap kondisi masyarakat sosial. Bukan tempat untuk berlomba-lomba menghalalkan cara agar lancar dalam urusan kuliah. Di tempat ini seharusnya tempat terciptanya mahasiswa yang berkarakter mulia sebagai pendidik. Bukan tempat terciptanya para penghardik.
Di tempat ini, di Fakultas Ilmu Sosial aku menuntut ilmu sosial. Aku akan melakukan tugasku. Mengabdi sebagai mahasiswa yang membela dan melindungi rakyat. Aku akan melaksanakan tugasku yaitu bertanggungjawab terhadap Tuhan sebagai hamba yang taat beribadah, dan juga kepada negara dan masyarakat untu menyebarluaskan ilmu agar menjadi orang yang berguna. Aku akan memulainya dari sini, di Fakultas Ilmu Sosial.

0 Komentar